PERAN GENETIKA DALAM BIDANG PERTANIAN


PENGANTAR
Rekayasa genetika dalam arti paling luas adalah penerapan genetika untuk kepentingan manusia. Dengan pengertian ini kegiatan pemuliaan hewan atau tanaman melalui seleksi dalam populasi dapat dimasukkan. Demikian pula penerapan mutasi buatan tanpa target dapat pula dimasukkan. Walaupun demikian, masyarakat ilmiah sekarang lebih bersepakat dengan batasan yang lebih sempit, yaitu penerapan teknik-teknik biologi molekular untuk mengubah susunan genetik dalam kromosom atau mengubah sistem ekspresi genetik yang diarahkan pada kemanfaatan tertentu.
Tahap-tahap penting berikutnya adalah serangkaian penemuan enzim restriksi (pemotong) DNA, regulasi (pengaturan ekspresi) DNA (diawali dari penemuan operon laktosa pada prokariota), perakitan teknik PCR, transformasi genetik, teknik peredaman gen (termasuk interferensi RNA), dan teknik mutasi terarah (seperti Tilling).
Dalam bidang pertanian
Situasi saat ini mengingatkan kita ketika pembangunan pertanian di Indonesia mulai dibangun pada tahun 1960 an. Pilihan kondisi saat itu dimana kita kekurangan pangan akibat situasi politik yang tidak menguntungkan dan kepadatan penduduk yang luar biasa. Yang dipikirkan saat itu adalah bagaimana menekan jumlah penduduk dan mencukupi kebutuhan pangan secara nasional. Dengan mengadopsi model yang sedang berkembang diberbagai belahan dunia, dimana model pertanian harus dirubah secara total, Situasi saat itu sanat kacau dan mebingungkan, karena yang dibutuhkan adalah ketersediaan makan dalam jumlah besar dan dalam waktu cepat. Pada saat dulu membayangkan hal seperti itu rasanya hanyalah sebuah angan angan semata. Dan juga pada waktu itu situasi politik yang kacau di negara kita adalah salah satu penyebabnya. Apalagi mulai banyaknya perusahaan internasional yang merambah ke indonesi yang mendirikan pabrik-pabrik pestisida dan pupuk kimia, juga munculnya benih-benih yang dianggap unggul,  baik produksi perusahaan-perusahaan tersebut maupun dari pusat-pusat penelitian atau seperti balai penyuluhan benih.
            Kemudian munculah pertanian berkealnjutan yang dimulai karena adanya revolusi hijau, Revolusi hijau memang diciptakan untuk mengantisipasi kekurangan pangan yang terjadi pada sekitar tahun 1960 an, dimana mulai muncul kepadatan penduduk yang luar biasa pada sekitar tahun 1960 an, kemiskinan dan kelaparan di beberapa negara akibat perang. Revolusi hijau yang dimodali oleh korporasi international (TNC/MNC) dibidang pertanian, mengambil untung dari situasi ini. Mereka menanamkan modal besar untuk mendorong munculnya pusat penelitian tanaman pangan di berbagai negara, mengambil benih lokal petani dan perempuan  untuk dijadikan benih baru dan kemudian memantenkannya.
            Kesimpulan
Dengan munculnya pertanian berkelanjutan diterapkanlah di Indonesia, akan tetapi Walaupun Indonesia dikatakan negara yang kaya akan dengan rempah-rempah, negara yang kaya akan keanekaragamanhayati, namun pengelolaan dan pemanfaatan dan penerapan pertanian berkelanjutan di indonesia belum dilakukan dengan baik. Indonesia lebih banyak mengandalkan impor yang dikarenakan banyak kebijakan yang terkait dengan kebijakan global.

andry

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar:

  1. mantab bro untuk di copy,,,

    BalasHapus
  2. makasih infonya gan.
    yang butuh info pertanian, saya rekomendasikan jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia, adalah blog baru yang cukup bagus menyediakan referensi seputar pertanian, sesuai dengan namanya jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia memang tidak hanya membahas teori saja, namun infonya juga bersifat aplikatif, karena itulah banyak orang yang mengunjunginya DISINI>> jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia
    info ini juga dipersembahkan oleh minuman berenergi

    BalasHapus

Budayakan memberi masukan saran & kritik
demi memajukan blog kami
maree tinggalkan jejak
jangan sungkan-sungkan berkunjung lagi ...