BAHASA INDONESIA 10 Ide pokok dan paragraf



1.      RAMADHAN

BULAN RAMADHAN BULAN PENUH HIKMAH
Ramadhan dianggap sebagai bulan penuh rahmat dan pengampunan Tuhan. Maka, pada bulan itulah orang terpacu untuk melakukan ritual ibadah semaksimal mungkin karena merupakan puncak perayaan keimanan. Pada bulan ini orang berlomba-lomba beribadah dan beramal. Salah satu tuntutan beribadah adalah memenuhi keingintahuan tentang ibadah itu sendiri.

2.     ZAKAT FITRAH

LUANGKAN 2,5 KG BERAS UNTUK KAUM DUAFA
Setiap muslim wajib membayar zakat fitrah untuk dirinya dan orang yang dalam tanggungannya sebanyak satu sha' (+- 3 kg) dari bahan makanan yang berlaku umum di daerahnya. Zakat tersebut wajib baginya jika masih memiliki sisa makanan untuk diri dan keluarganya selama sehari semalam.
Zakat tersebut lebih diutamakan dari sesuatu yang lebih bermanfaat bagi fakir miskin. Zakat fitrah tidak boleh diberikan kecuali hanya kepada fakir miskin atau wakilnya. Zakat ini wajib dibayarkan ketika terbenamnya matahari pada malam 'Id. Barangsiapa meninggal atau mendapat kesulitan sebelum terbenamnya matahari, maka dia tidak wajib membayar zakat fitrah. Tetapi jika ia mengalaminya seusai terbenam matahari, maka ia wajib membayarkannya.

3.     PERTANIAN ORGANIK

Pembuatan susu kedelai
Kedelai merupakan bahan makanan yang penting sebagai sumber protein nabati yang di konsumsi secara langsung. Laju pertanmabahan akan kebutuhan susu deleai sejalan dengan laju pertambahan pendduduk yang di tunjang oleh kemajuan teknologi sehingga kedelai meruypakan salah satu bahan industri untuk pemenuhan akan kebutuhan pangan ternak dan lainnya. Pemanfaatan teknologi tepay guna sebagai alternatif pilihan bagi petani dan masyarakat untuk meningkatkan nilai produksi pertanian sanagt du butuhkan pada saat ini. Susu kedelai dapat dibuat dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak memerlukan keterampilan khusus. Penggunaan air sumur dapat menghasilkan susu kedelai dengan rasa yang lebih enak. Untuk memperoleh susu kedelai yang baik, kiita perlu menggunakan kedelai yang berkualitas baik. Dari 1 kg kedelai dapat dihasilkan 10 ltr susu kedelai.

4.     PENGENDALIAN HAMA TERPADU

Pengendalian Tikus Sawah Dengan Perangkap Bubu
Pengendalian OPT bertujuan untuk mempertahankan produksi pertanian agar produksi tetap optimal, pengendalian hama adalah usaha –usaha manusia untuk menekan populasi hama sampai dibawah ambang batas yang merugikan secara ekonomi. Pengendalian dapat dilakukan dengan pendekatan Pengendalian Hama Terpadu (PHT), yaitu memilih suatu cara atau menggabungkan beberapa cara pengendalian, sehingga tidak merugikan secara ekonomis, biologi dan ekologi. Dengan tingkat kesadaran yang tinggi tentang lingkungan yang sehat dan pertnian yang berkelanjutan diperlikan cara pengendalian yang tepat. Perangkap bubu termasuk kedalam komponen pengendalian fisik dan mekanik, yang merupakan teknik pengendalian yang palong kuno, dilakukan oleh manusia sejak manusia mengusahakan pertanian. Pengendalian fisik dan mekanik merupakan tindakan yang dilakukan dengan tujuan secara langsung dan tidak langsung, mematikan, mengganggu aktivitas dan merubah lingkungan sedemikian rupa sehingga lingkungan menjadi tidak sesuai bagi kehidupan hama. Pengendalian dengan perangkap bubu aman akan kesehatan manusia dan lingkungan karena tanpa menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

5.     KESEHATAN

Tetap Sehat di Usia Lanjut Dengan Gizi Sehat
Tetap berprestasi dimasa tua adalah harapan setiap insan, baik individu itu sendiri maupun keluarga dan kerabatnya. Namun demikian, tidak setiap harapan dapat diwujudkan dengan mulus. Harapan yang demikian pernah dikemukakan oleh seorang Gerontolog dari Amerika yang menyatakan “Not only add years to life, but also life to years” atau jangan hanya menambah tahun pada kehidupan, tetapi juga menambah kehidupan pada tahun-tahun itu.

6.      OLAH RAGA


Petualangan di Alam Bebas
Puncak gunung mana pun selalu memancing keinginan para petualang untuk menjelajahinya. Pemandangan yang indah, desiran angin gunung, udara yang sejuk, semua mengundang orang untuk menyinggahinya. Seolah, sebuah rahasia alam yang menantang untuk diungkap.
Dari sekian banyak gunung di Jawa Barat, yang paling termasyur kemegahannya adalah Gunung Gede dan Pangrango. Dengan bentangan alam mencapai 15,196 hektar, gunung ini sebenarnya menyimpan banyak potensi petualangan yang bisa digali. Namun, banyak pihak yang menganggap usaha tersebut mengandung banyak unsur negatif. Pembatasan-pembatasan pun ditetapkan. Padahal konsep penyelamatan bukanlah berarti pembatasan.

7.      PEMBUATAN BOKASI 

TEHNIK PEMBUATAN BOKASI
Bagi petani yang menuntut pemakaian pupuk yang praktis, bokashi merupakan pupuk organik yang dapat dibuat dalam beberapa hari dan siap dipakai dalam waktu singkat. Selain itu pembuatan pupuk bokashi biaya murah, sehingga sangat efektif dan efisien bagi petani padi, palawija, sayuran, bunga dan buah dalam peningkatan produksi tanaman.

8.      MENANAM CABE

MANFAAT CABAI RAWIT
Cabai rawit termasuk kelompok tanaman sayuran buah.cabai rawit dapet tumbuh baik di dataran tinggi, maupun di dataran rendah bertanam cabai rawit dapat memberikan niai ekonomi yang cukup tinggi apabila kita usahakan sungguh-sungguh satu hektar tanaman cabai rawit mampu menghasilkan delapan ton buah cabai rawit karena tanaman cabai rawit dapat kita usahakan selama dua sampai dua setengah tahun selama musim tanam.saya yakin semua pernah melihat cabai rawit dan memakannya.bagi kita  yang biasa memakan masakan dengan sambai cabai rasanya belum lengkap bila tidak di lengkapi dengan sambal cabai. Oleh karena itu cabai tidak bisa di pisahkan dengan kehidupan sehari hari karena hamper semua jenis makanan yang kita makan menggunakan menggunakan cabai besar atau cabai rawit.

9.      HAMA DAN PENYAKIT 

HAMA DAN PENYAKIT PADA TUMBUHAN
Tumbuhan tidak selamanya bisa hidup tanpa gangguan. Kadang tumbuhan mengalami gangguan oleh binatang atau organisme kecil (virus, bakteri, atau jamur). Hewan dapat disebut hama karena mereka mengganggu tumbuhan dengan memakannya. Belalang, kumbang, ulat, wereng, tikus, walang sangit merupakan beberapa contoh binatang yang sering menjadi hama tanaman.

10.  Penggunaan Pestisida 


Penggunaan Pestisida untuk Memberantas Hama dan Penyakit
Penggunaan pestisida sintetis membutuhkan kecermatan, baik mengenai pilihan pestisida yang aman maupun petunjuk pemakaiannya. Hasil pemantauan rutin dapat digunakan untuk mengetahui Janis hama dan penyakit yang menyerang, dan menentukan jenis pestisida yang sesuai sasaran. Pemantauan juga bermanfaat agar penyemprotan tidak terlambat dengan menggunakan dosis dan waktu yang tepat sehingga pengendalian hama dan penyakit dapat berhasil.

andry

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budayakan memberi masukan saran & kritik
demi memajukan blog kami
maree tinggalkan jejak
jangan sungkan-sungkan berkunjung lagi ...